Senin, 16 Januari 2012

pengertian listrik statis

Pernahkah Anda merasa hampir takut untuk menyentuh sebuah tombol logam pintu, meja, atau permukaan serupa untuk takut bahwa zap menyebalkan mungkin anda akan mendapatkan pada kontak? Nah, itu listrik statis untuk Anda teman saya, dan Anda tidak sendirian dalam tidak melihat ke depan untuk shenanigans nya. Sebelum Anda dapat secara efektif mengambil langkah-langkah ke arah mengurangi efek dalam kehidupan Anda, Anda harus terlebih dahulu mempelajari apa listrik statis dan bagaimana diciptakan. Segala sesuatu di dunia terdiri dari atom, dan masing-masing atom terdiri dari kombinasi partikel sub-atom - proton, neutron, dan elektron. Proton neutron dan bentuk apa yang disebut inti, atau inti dari atom, dan elektron dapat dianggap untuk mengorbit inti ini. Proton memiliki muatan listrik positif dan elektron memiliki satu negatif.
Untuk tujuan kami, Anda bisa memikirkan inti - proton dan neutron - menjadi stabil, sedangkan elektron sering kurang begitu dan cenderung mudah "tersingkir" dari orbit dan ditransfer ke atom lain. Proses ini disebut ionisasi, di mana proton-elektron rasio atom diubah melalui penghapusan atau penambahan elektron.
Kebanyakan atom dalam keadaan alami mereka netral, tidak memiliki muatan listrik bersih. Tetapi ketika mereka menjadi terionisasi, tergantung pada apakah mereka hilang atau menerima elektron, mereka juga akan memiliki muatan positif atau negatif bersih masing-masing. Ini adalah kasus yang benar "berlawanan menarik", di mana atom yang dikenakan akan menarik tanda berlawanan - positif ke negatif dan negatif ke positif.
Sebaliknya adalah benar juga - biaya seperti akan menolak satu sama lain. Hal ini menjelaskan mengapa balon sesaat akan menempel pada dinding setelah Anda menggosok itu terhadap pakaian Anda - karena Anda hanya menambahkan elektron tambahan untuk balon dan memberikannya muatan negatif bersih menyebabkan ia tertarik ke dinding (relatif) bermuatan positif.

Tidak ada komentar: